Kamis, 07 Juni 2018

Cerita Menarik di Balik JCSHOOP



Testimoni lucu dari konsumen JCSHOOP

Menjadi seorang pembisnis bukan selalu tentang uang, keuntungan, dan profit. Bagaimana cara untuk menjaga loyalitas pembeli, menjadi suatu yang sangat penting untuk dipikrikan oleh pemilik bisnis, termasuk Intan Kumalasari. Sebagai pemilik tunggal JCSHOOP, perempuan yang masih duduk dibangku kuliah ini selalu berusaha agar bisnis online shop yang dijalani nya ini dapat terus bertahan di era persaingan ekonomi ini.

Menjelang hari-hari lebaran seperti ini, pembelian produk pakaian memang sangat meningkat. Hal ini tentunya membawa kesenangan tersendiri bagi JCSHOOP sebagai penjual produk fashion. Namun dengan meningkatnya pembelian seperti ini, tanggungjawab JCSHOOP pun akan ikut meningkat pula.

Bila dihari biasa JCSHOOP dapat mengeluarkan 150 produknya, di hari lebaran ini pembelian meningkat hingga 100%. Selama menjelang hari raya Idul Fitri ini JCSHOOP dapat menjual produk nya hingga 300 item per hari. Lonjakan pembelian ini tentunya menjadi perhatian tersendiri bagi pemiliki Online Shop ini. Dengan meningkatnya pembelian, JCSHOOP juga harus mampu menjaga kredibilitas nya seperti dihari-hari biasa. Tentunya JCSHOOP membutuhkan waktu serta tenaga yang lebih untuk menyiapkan produk orderan tersebut.

Bila dihari biasa owner JCSHOOP masih memiliki waktu senggang, menuju bulan Ramadhan ini Intan menggunakan waktunya nonstop untuk JCSHOOP. Di hari-hari biasa, JCSHOOP memulai pekerjaan untuk menyiapkan orderan pukul 11:00 pagi dan selesai dipukul 17:00. Namun dengan tingginya pembelian ini, JCSHOOP harus memulai pekerjaan nya pukul 08:00 pagi dan baru selesai sekitar pukul 18:00. Tidak berhenti distu saja, perputaran arus barang yang cepat membuat Owner JCHOOP ini harus bolak-balik pabrik untuk mengecek produk-produk yang stok nya telah ahbis terjual. Setelah itu, owner JCSHOOP masih harus membagikan resi bukti pengiriman kepada para pembeli nya. Hal ini dilakukan agar barang dapat dikirimkan tepat waktu.

Namun dibalik lelahnya pembelian yang melonjak ini, owner JCSHOOP ini selalu bersyukur. Segala usaha nya untuk menjaga kepercayaan Konsumen hampir selalu membuahkan hasil yang manis. Sering kali para konsumen memberikan ratting yang tinggi dengan berbagai komentar yang manis. Setiap kali ia membaca komentar-komentar tersebut, ia selalu merasa senang. Senang karna produk yang ia miliki dapat disukai oleh pembeli nya, Senang pula karna ia bisa memberikan apa yang dimau oleh para pembeli nya tersebut.

Selain mengirimkan pesanan tepat waktu, JCSHOOP juga berusaha untuk selalu terlihat ramah pada setiap konsumen nya. Dengan menggunakan berbagi jenis emot icon, JCSHOOP berharap agar para konsumen dapat menerima pesan tersebut dengan baik.

Kepekaan owner terhadap kemauan konsumen, membuat JCSHOOP selalu ingin memberikan produk terbaik. Ia berusaha mencari bahan-bahan dengan harga yang terjangkau namun dengan kuliatas yang baik. JCSHOOP juga memiliki pabrik langganan pribadi nya. Bahan-bahan yang berkualitas tadi akan diberikan kepada pabrik, dan nantinya pabrik yang akan menjahit produk-produk yang dijual oleh JCSHOOP.

Belum lama ini JCSHOOP sempat mendapatkan orderan dari salah satu tokoh penting bagi Kota bandung, Ridwan Kamil. Awalnya pihak JCSHOOP sama sekali tidak mengetahui bahwa yang memesan 70pc Kemeja Dinas ini merupakan Walikota Kota Bandung. Dengan santai nya pihak kami memanggil nya dengan sebutan “gan” atau singkatan dari Juragan. Sampai akhirnya pihak JCSHOOP menanyakan data diri untuk menjadi tujuan pengiriman. Dan ia menyantumkan data diri seperti pada gambar disamping. Sontak Intan selaku owner yang merespon chat tersebut heboh dan langsung melontarkan kata maaf karna sudah memanggil Bapak Ridwan Kamil dengan sebutan “gan”. Intan sama sekali tidak mengetahui bahwa orang yang memesan kemeja nya itu adalah Ridwan Kamil. Dari profile picture yang ia gunakan memang menggunakan foto Bapak Ridwan Kamil, namun awalnya Intan hanya berfikir bahwa orang tersebut adalah salahsatu fans dari tokoh Kota Bandung itu. Karena merasa tidak yakin bahwa Ridwan Kamil yang memesan kemeja nya, owner JCSHOOP ini langsung mengecek alamat yang diberikan. Dan ternyata benar, alamat yang diberikan merupakan alamat dari tempat kerja Bapak Ridwan Kamil. Senang sekaligus bangga karna JCSHOOP bisa dipilih oleh Walikota Bandung untuk menjadi tempat membuat baju dinas.

Namun menjual barang melalui Online Shop tak selalu menyengkan. Kita harus selalu berusaha merespon pertanyaan demi pertanyaan dari para calon konsumen dengan sangat ramah. Seringkali pertanyaan yang diberikan oleh para konsumen pun membuat kesal sekaligus mengelitik. Pernah suatu kali ada salah satu calon konsumen yang menanyakan apakah JCSHOOP ada menjual baju bayi yang lucu tidak atau tidak. Kesal namun bila dipikirkan lagi, memang banyak hal hal lucu yang dapat dilakukan oleh para konsumen maupun calon konsumen.

Di lain waktu juga pernah sempat salahsatu konsumen yang memberikan review dari produk yang telah ia beli dari JCSHOOP. Ia mengatakan bahwa kemeja yang ia beli sedikit kekecilan dibadan nya. Alih-alih ingin protes dan memberi review buruk, nyata nya ia malah memberikan komentar yang terkesan bercanda. Ia mengatkan “sip, agak kecil sedikit. tp kesalahan bukan di seller tp di badan saya :v”



Hal-hal seperti inilah yang sering kali menjadi hiburan bagi JCSHOOP saat menjalankan bisnis nya. JCSHOOP yakin bila suatu bisnis yang dijalankan dengan hati dan keseriusan, pasti dapat membuahkan hasil yang memuaskan pula. Mulailah dengan memikirkan apa yang konsumen mau, maka perlahan-lahan konsumen akan mendatangi Bisnis yang kita jalani.

*Tulisan pada post ini hanya berisikan sesuatu yang fiktif. Tulisan ini dibuat sebagai  syarat memenuhi Tugas untuk  mata kuliah Media Online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Menarik di Balik JCSHOOP

Testimoni lucu dari konsumen JCSHOOP Menjadi seorang pembisnis bukan selalu tentang uang, keuntungan, dan profit. Bagaimana cara...